Sabtu, 23 Juli 2016

,

Fakta Unik Dibalik Berhijab



Ilustrasi: (Dok.Net)


Hijab dalam bahasa Arab berasal dari hajaba yang berarti penghalang. Pada beberapa negara, bahkan di Indonesia, kata “hijab” lebih sering merujuk pada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tata cara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama. Mengapa wanita muslim harus berhijab? Pertanyaan ini tentunya membutuhkan jawaban yang sangat panjang. Dalam Islam, wanita muslim wajib mengenakan hijab sebagaimana yang diperintahkan oleh Allah SWT dalam Q.S Al-Ahzab: 59 dan Q.S An-Nur: 31. Namun, tahukah Anda bahwa wanita berhijab memiliki keunikan tersendiri? Berikut beberapa fakta unik berhijab.

1. Terlindung dari Bahaya Sinar UV

Secara umum, sinar ultraviolet, terutama sinar UV-B dapat menimbulkan gejala kemerahan yang disertai gatal pada kulit. Hal ini merupakan bentuk dari terjadinya iritasi kulit akibat terkena sinar UV-B secara langsung. Dengan berhijab, setidaknya akan mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit secara langsung karena hampir seluruh bagian kulit tertutup hijab. 

2. Terlindung dari Udara Dingin

Pada umumnya, tubuh yang terkena udara dingin terlalu lama akan membuat seseorang menderita demam, flu, rasa ngilu dan gemetaran pada tubuh. Terlebih bagi wanita yang cenderung tidak bisa bertahan lama jika terkena udara dingin. Untuk menghindari gejala yang ditimbulkan akibat terlalu lama terkena udara dingin, wanita disarankan menutup kepala dan tubuhnya dengan pakaian tebal demi tetap menjaga kestabilan suhu tubuh. 

3. Membuat Awet Muda

Selain menyebabkan terjadinya iritasi pada kulit, sinar matahari juga memiliki dampak buruk bagi kulit, yaitu mempercepat penuaan. Secara ilmiah dijelaskan bahwa sinar matahari dapat merangsang melanosit (sel-sel melanin untuk mengeluarkan melanin). Akibatnya, jaringan kolagen dan elastin menjadi rusak. Sedangkan jaringan kolagen dan elastin ini memiliki peranan yang sangat penting untuk menjaga keindahan dan kelenturan kulit. Bahkan krim pelindung pun tak mampu melindungi kulit secara total dari sinar matahari. Dengan demikian, memakai hijab dapat memperlambat proses penuaan karena sebagian besar kulit tertutup oleh hijab. 


4. Terlihat Lebih Cantik

Pada umumnya, wanita akan terlihat lebih cantik jika berhijab. Bagaimana tidak? Di zaman modern sekarang ini banyak sekali macam pakaian yang diperuntukkan bagi wanita berhijab, mulai dari model hingga warnanya yang beraneka ragam. Dengan memadukan model dan warna yang serasi, Anda akan terlihat lebih cantik, anggun, juga menarik. 

5. Lebih Higienis

Bagi wanita yang bekerja di rumah makan atau rumah sakit, tentu sangat diharuskan menjaga kebersihan. Hal ini dilakukan demi kenyamanan customer. Dengan berhijab, setidaknya akan mencegah terjadinya penyebaran virus yang melekat pada tubuh. 

6. Terhindar dari Pelecehan

Banyaknya pelecehan seksual terhadap kaum wanita merupakan sebab dari wanitanya sendiri yang tidak menutup auratnya. Wanita merupakan fitnah (godaan) terbesar bagi laki-laki. Sebagaimana sabda Rasul “Sepeninggalku tak ada fitnah yang lebih berbahaya bagi laki-laki daripada wanita.” (HR. Bukhari). Maka dari itu, untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual terhadap kaum wanita alangkah baiknya jika seluruh tubuh/auratnya ditutup dengan hijab. 

Dari beberapa fakta tersebut, terjawab sudah bahwa selain wajib, berhijab memiliki beberapa fakta unik, seperti terlindung dari bahaya sinar matahari, terlindung dari udara dingin, dapat membuat awet muda, terlihat lebih cantik, lebih higienis, dan juga terhindar dari pelecehan. Bagaimana tertarikkah Anda untuk berhijab? 



Sumber :

https://duniaunik83.wordpress.com/fakta-unik-berhijab/

http://www.bicarawanita.xyz/2013/02/manfaat-kesehatan-dengan-berjilbab.html




















Share:

0 comments:

Posting Komentar